Mengenal Manfaat Email Profesional untuk Bisnis Masa Kini

Pentingnya Penggunaan Email Profesional dalam Bisnis

Mengenal Pentingnya Penggunaan Email Profesional Untuk Bisnis

Pada artikel kali ini saya akan membahas dan memberikan sedikit ilmu yang saya ketahui tentang betapa pentingnya penggunaan email profesional untuk bisnis anda di era digital pada saat ini. Loh kenapa harus email profesional atau email bisnis? Mengapa tidak menggunakan email personal atau gmail saja? Pada artikel ini anda akan menemukan kedua jawaban dari pertanyaan di atas melalui ulasan singkat dibawah ini yang mungkin saja bisa membantu anda dalam dunia bisnis.

Mengapa anda harus menggunkan email profesional?

Karena dengan menggunakan email profesional untuk bisnis, sebuah organisasi bisnis akan lebih mudah dalam berkomunikasi dengan para customernya, serta dapat menjadi media pemasaran digital di era modern. Ketika anda menggunakan alamat email profesional yang sama dengan nama domain dan brand anda, maka perusahaan anda akan terlihat lebih kredible dalam berkomunikasi kepada para customer. Hasil suveri lapangan menunjukkan bahwa sekitar 80% para customer atau pelanggan akan lebih percaya pada email yang bermerek perusahaan dari pada email gratisan yang tersedia seperti Gmail dan Yahoo!.

Dengan menggunakan email profesional anda akan lebih mudah dalam melakukan komunikasi dan pemasaran menggunakan metode digital. Pemasaran digital ini ada banyak macamnya. Beberapa di antaranya adalah
  1. Beriklan di Sosial media.
  2. Beriklan di search enggine.
  3. Beriklan di sebuah forum.
  4. Beriklan di sebuah marketplace.
Semua saluran pemasaran digital tersebut pasti membutuhkan sebuah alamat email untuk melakukan pendaftaran. Untuk pendaftaran anda cukup menggunakan email personal yang gratis seperti gmail dan yahoo. Tapi untuk media promosi dan berkomunikasi dengan para customer lebih anda menggunakan email profesional seperti marketing@kaosmurah.com karena email ini membawah nama produk yang hendak anda tawarkan nantinya.

Meskipun tidak semua metode pemasaran digital membutuhkan alamat email, akan tetapi dengan menggunakan alamat email anda bisa leluasa untuk melakukan pengaturan terhadap bisnis anda ke depannya. Seperti mengirimkan notifikasi, ganti password, informasi tentang promo produk, tanya jawab produk, konfirmasi pembayaran dan lain sebagainya.

Berikut adalah contoh email profesional untuk bisnis anda.

  • Info@kaosmurah.com
  • Marketing@kaosmurah.com
  • news@kaosmurah.com
  • teknisi@kaosmurah.com

Beberapa jenis email profesional beserta kelebihan, dan kekurangannya

Tahukah anda bahwa ada beberapa jenis email yang bisa anda gunakan sebagai media pemasaran digital serta komunikasi terhadap para customer anda, di antaranya adalah sebagai berikut.

Email Profesional G suite

Email G suite adalah salah satu layanan resmi dari Google Cloud yang dapat digunakan pebisnis ataupun perorangan untuk berkomunikasi atau menjadi perantara untuk menjalin suatu kerja sama dari perusahaan satu dengan perusahaan lainnya.

Kelebihan G-suite

  • Fitur yang lengkap membuat anda cepat dalam bekerja.
  • Menghemat biaya, layanan google suite bisa menekan biaya.
  • infrastruktur system yang dapat anda jalankan untuk membangun sebuah aplikasi atau bisnis anda.
  • Fleksibel, dimanapun anda berada anda dapat mengakses data yang anda simpan pada google suite dengan cara hanya menyiapkan koneksi internet dan browser.
  • Keamanan data anda sangat terjamin, karena hal itu merupakan faktor penting dalam melakukan layanan berbasis internet.

Kekurangan G-suite

  • Jika tidak ada koneksi internet anda tidak akan bisa menjalankan google suite, hal ini menyebabkan hambatan perusahaan yang menggunakan teknologi komputasi awan tidak bisa bebas di daerah yang belum terjangkau internet.

Flockmail

Flockmail adalah layanan email bisnis yang baru dan fitur-fiturnya juga dibilang tidak kalah dengan layanan email G-Suite Google Cloud, bahkan ada bebebrapa fitur yang tidak dimiliki oleh email G-Suite. Flockmail sendiri adalah bagian dari aplikasi Flock, sebuah aplikasi kolaborasi dan komunikasi untuk kinerja sebuah tim, yang didalamnya ada email (flockmail), panggilan audio dan video, serta perangkat produktifitas kerja dan manajemen proyek untuk bisnis anda.

Email Hosting

Email Hosting adalah sebuah layanan penyewaan server dengan fasilitas yang di sediakan oleh provider yang di khususkan untuk email saja.

Kelebihan Menggunakan email hosting

  • Karena Hosting tersebut khusus untuk email saja, maka akan sangat lancer untuk email.
  • Untuk pengiriman email tidak dibatasi atau unlimited (selama email tersebut bukan spam.

Kekurangan Menggunakan Email Hosting

  • Tidak dapat membuat dan menyimpan website.
  • Tidak dapat addon domain, sub domain dan park domain.
  • Account email hanya dengan domain utama.
Penggunaan email hosting sangat cocok untuk sebuah perusahaan yang ingin memiliki email bisnis pribadi dengan domain sendiri. Dengan memiliki sebuah email bisnis sendiri maka akan menaikan citra perusahaan anda di hadapan para customer, karena anda tidak menggunakan domain orang lain seperti yahoo, gmail atau layanan email lainnya.

Dengan menggunakan layanan email hosting ini anda dapat memiliki alamat email seperti punya saya saat ini sani@techcp.net. karena penggunaan email profesional ini cukup penting untuk membuktikan keseriusan perusahaan anda dalam persaingan bisnis digital.

Mengenal Manfaat Email Profesional Untuk Bisnis Anda

Email Profesional akan mencerminkan bagaimana pengelolaan bisnis anda.

Ketika Anda mendapat kesempatan untuk buat kesan pertama dalam sebuah pertemuan bisnis. Kemudian kontak Anda dengan calon pelanggan potensial adalah melalui email, maka  anda@namabisnis.com akan mewakili bisnis Anda. Lebih baik daripada namabisnis@gmail.com. Memiliki email yang tertaut ke domain bisnis Anda sendiri membawa profesionalisme dalam cara Anda menjalankan bisnis.

Email Profesional dapat membangun kepercayaan terhadap para pelanggan.

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa alamat email profesional membantu membangun kepercayaan konsumen. Memiliki email dan situs web yang terhubung bersama menunjukkan Anda serius tentang bisnis Anda dan ini membantu untuk mendapatkan kepercayaan dari calon pelanggan atau kolega.

Tidak hanya membangun kepercayaan, email bisnis dapat berfungsi sebagai alat pemasaran untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas (traffic) ke website Anda. Bila Anda memiliki alamat email profesional yang terkait langsung dengan nama website, pelanggan dapat menggunakan nama domain setelah @ untuk menemukan situs website Anda. Contoh namaanda@kaosmurah.com nama domain setelah @ adalah kaosmurah.com.

Dapat Membantu anda dalam melindungi data bisnis.

Banyak layanan email publik gratis yang rentan terhadap peretasan atau pencurian, membuat informasi bisnis Anda dalam email rentan terhadap peretas. Sekali email publik gratis itu tercuri, maka Anda bakal kesulitan masuk kembali. Para pencuri sudah pintar untuk ubah password, nomor HP, kata kunci dan email sekunder untuk verifikasi.

Bagaimana jika Anda menggunakan email publik itu lebih dari 5 tahun dan didalamnya berisi informasi bisnis penting dan alamat-alamat email pelanggan Anda? Lain ceritanya jika Anda menggunakan email profesional. Sekali kecurian, Anda bisa menghubungi pihak provider server atau datacenter web hosting untuk reset password atau mengembalikan data itu untuk Anda. Jika sudah terhapus? Provider server akan mengembalikan data tersebut dari fasilitas backup data nya.

Email Profesional akan sangat membuat Anda agar terbebas dari indikasi spam.

Jika Anda menggunakan email marketing untuk meningkatkan penjualan, email bisnis lebih dipercaya oleh penyedia email di seluruh dunia. Beberapa layanan email gratis ditargetkan atau dikategorikan sebagai spammer. Ini berarti bahwa email yang Anda kirim dari alamat email gratis dapat ditandai sebagai spam dan masuk ke spambox. Pelanggan Anda jarang atau hampir tidak pernah periksa spam folder, ini artinya akan terjadi kehilangan kesempatan agar email Anda diketahui dengan cepat.

Apakah email bisnis akan selalu masuk ke inbox? Kadang ada yang terperangkap di spambox. Hal ini bisa Anda laporkan kepada provider server untuk memperbaiki reputasi server mereka dan email bisnis Anda kembali normal.

Penggunaa Email Profesional ini dapat Anda akses di semua perangkat.

Layaknya email publik gratisan, email bisnis bisa diakses melalui browser (firefox, chrome, safari, dll). Kemudian diakses melalui smartphone, tablet, laptop, komputer menggunakan program email seperti outlook, mac mail, thunderbird ataupun aplikasi email milik Android, iPhone dan Windows Phone. Provider server mempunyai cara setting nya. Kontak mereka.

Email bisnis bisa disetting menggunakan teknologi POP3 ataupun IMAP. POP3 adalah ketika data email akan terdownload total ke storage perangkat (smartphone, laptop/komputer). Sedangkan IMAP adalah teknologi men-copy data email dari server ke perangkat. Jadi data email masih tersimpan di storage server email.

Bisa mencipta banyak nama Email bisnis yang singkat dan profesional.

Ketika Anda mencipta email publik (gratisan) maka hanya dapat satu alamat email berikut inbox nya. Punya namabisnis@gmail.com maka hanya itulah inbox Anda. Bagaimana jika Anda punya banyak staf dan divisi sehingga masing-masing harus punya email?

Jika Anda tetap menggunakan email publik, maka Anda akan buat email lagi dan mungkin namanya panjang, semisal namabisnis.kaos@gmail, namabisnis.kaosmurah@gmail dll.

Jika Anda punya banyak sales marketing, apakah Anda rela komunikasi bisnis nya menggunakan email pribadi mereka? Bagaimana jika mereka resign? Anda berpotensi kehilangan banyak pelanggan yang tadi nya berkomunikasi dengan staf Anda.

Dengan Email bisnis, Anda bisa mencipta alamat email tak terbatas untuk Anda dan staf dari beragam divisi bisnis yang ada. Tentunya dengan nama singkat. Semisal info@kaosmurah.com, marketing@kaosmurah.com, news@kaosmurah.com, teknisi@kaosmurah.com.

Anda tinggal siapkan aturan bahwa seluruh komunikasi email harus menggunakan email bisnis. Maka seluruh komunikasi bisnis menjadi aset digital Anda.

Kontrol Bisnis berada ditangan Anda sendiri.

Kontrol maksudnya tidak harus ikut campur, namun lebih kepada fungsi pengawasan komunikasi bisnis Anda. Jika bisnis Anda punya 10 alamat email dalam komunikasinya maka Anda bisa melihat arus komunikasi didalamnya. Caranya dengaan forward 10 alamat email itu ke satu email induk dimana hanya Anda saja yang bisa akses.

Jika 10 alamat email bisnis itu terdiri dari akunting, sales, marketing, produksi, maka Anda bisa memonitor kinerja mereka. Contoh jika Anda ingin melihat kinerja 3 staf sales Anda. Berikan masing-masing nama email bisnis buat mereka, misal fandi@kaosmurah.com, fani@kaosmurah.com, dan putri@kaosmurah.com. Masing-masing bekali dengan kartu nama bisnis.

Anda tinggal setting 3 email sales tersebut terforward ke email bisnis Anda sendiri sebagai owner. Selanjutnya Anda tinggal melihat seberapa banyak mereka mendapatkan email dari konsumen. Jelasnya yang paling banyak dapat kontak adalah yang paling produktif dalam aktivitas sales nya.

Bagaimanakah jika staf sales nya resign? Apakah email mereka Anda hapus? Jangan! Anda bisa hapus inbox nya tapi tetap menciptakan nama mereka tanpa harus punya inbox. Ciptakan email forwarding dengan nama mereka yang resign dan komunikasi terkirim ke email staf baru. Selanjutnya Anda monitor tanpa harus kehilangan pelanggan lama.

Privasi bisnis anda akan terjamin dan bebas iklan

Anda pernah melihat iklan di saat Anda mengakses email di Gmail ataupun Yahoo? Dan saat Anda melihat tampilan dashboard email dari teman Anda ternyata iklannya berbeda dengan yang ada di dashboard Anda.

Itu artinya pihak penyedia email seperti Google tahu apa yang menjadi isi dari email-email Anda. Sehingga biarpun dari segi keamanan sangat terjamin, tetapi dari segi privasi, email gratisan belum tentu aman. Buktinya Anda masih bisa melihat iklan di dalam email Anda.

Berbeda jika Anda menggunakan email profesional. Dengan email profesional keamanan dan privasi Anda terjami dan juga bebas dari iklan.

Fitur Backup pada email

Alasan ketiga mengapa bisnis Anda harus menggunakan alamat email profesional adalah adanya backup untuk semua email Anda dan tim.

Fitur backup ini digunakan jika email Anda tidak sengaja terhapus dan Anda ingin mengembalikannya.

Pada email gratisan juga ada fitur backup. Namun bedanya adalah pada jumlah akun email yang bisa dibackup dan restore.

Dengan email profesional Anda bisa membackup semua email Anda termasuk email tim Anda dan merestorenya secara bersamaan jika terjadi kesalahan. Namun dengan email gratisan Anda hanya bisa melakukan backup email untuk satu akun saja.

Kalau tim Anda ada puluhan bahkan ratusan, bagaimana Anda akan melakukan backup dan restore jika masih menggunakan email gratisa?

Sekarang anda sudah membaca dan mengetahui betapa pentingnya penggunaan email profesional untuk bisnis anda. Jika anda membutuhkan sebuah email profesional untuk bisnis anda saya merekomendasikan anda untuk memilih rumahweb.com

Kenapa harus rumahweb.com. Karena rumahweb menyediakan semua kebutuhan bisnis anda mulai dari kebutuhan paling awal dan paling akhir, Berikut adalah daftar layanan yang ditawarkan rumahweb untuk kemajuan bisnis anda.
  1. Web hosting indonesia - anda akan membutuhkannya untuk membangun profil usaha anda di internet
  2. Domain murah - anda akan membutuhkannya untuk brand anda
  3. Email profesional - anda akan membutuhkannya untuk media promosi, komunikasi dengan pelanggan, dan branding di era digital.
  4. Web builder - anda akan membutuhkannya jika anda tidak paham atau tidak bisa membangun profil usaha anda sendiri rumahweb.com siap membantu anda dalam hal ini.

Komentar

Populer Post

Pengertian Sistem FAT dan NTFS Beserta Kekurangan dan Kelebihan

Fitur Baru Whatsapp Yang Rilis Tahun ini