4 Cara Menghemat Bensin Motor Matic Saat Perjalanan Jauh

Cara Menghemat Bensin Motor Matic

Pasti anda menyadari bahwa tidak sedikit uang yang Anda gunakan untuk membeli bahan bakar motor kesayanganmu untuk melakukan setiap aktivitas terutama dalam kegiatan kerja.

Meskipun dunia teknologi dan otomotif saat ini sudah cukup canggih untuk menghemat bensin motor agar tidak cepat habis,  tapi masih ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk menghemat besin motor matik yang anda gunakan saat ini.

Cara berkendara seseorang dan bagaimana kondisi jalan yang dilalui saat berkendara tentu akan berpengaruh besar pada konsumsi bahan bakar motor terutama motor matik yaitu motor bertansmisi otomatis.

Demi mendukung penghematan konsumsi bahan bakar pada motor, beberapa pabrik motor bahkan sudah melengkapi motornya dengan fitur Eco. Fitur Eco ini berfungsi untuk memberikan informasi dan indikator kepada para pengendara terkait cara berkendara yang aman, baik, dan lebih efisien tentunya.

Bagaimana cara menghemat bensin motor matic saat perjalanan jauh?

Atur gaya berkendara Anda saat dijalan raya

Usahakan saat anda berkendara motor melaju dengan kecepatan stabil, hindari aktifitas gas-rem-gas-rem. Usahakan pemutaran atau tarikan gas pada motor pada kisaran 3.000 rpm sampai 5.000 rpm atau batasi kecepatan motor anda maksimal hingga 60 km/jam.

Jangan sekali-kali anda melakukan buka tutup gas karena ini akan membuat motor anda lebih boros karena saat menarik gas untuk akselerasi kecepatan, mesin akan membutuh lebih banyak bensin yang menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi boros.

Bersihkan karburator mesin setiap hendak berkendara jauh

Jika anda rutin membersihkan karburator motor tiap seminggu sekali, maka aliran udara yang masuk ke dalam ruang bakar tidak akan terhambat. Konsumsi bahan bakar atau bensin pada motor pun tidak akan terlalu boros saat digunakan perjalanan jauh.

Pastikan anda menggunakan oli yang tepat untuk motor anda

Dengan memilih jenis Oli yang tepat, dapat menjaga kondisi mesin pada motor akan tetap dingin (stabil) dan tidak mudah panas. Karena jika mesin motor anda panas maka tarikan gas akan menjadi lebih berat sehingga konsumsi bensin ikut meningkat.

Pastikan anda menggunakan tekanan angin yang direkomendasikan

Saat anda hendak melakukan perjalanan jauh pastikan anda memeriksa kondisi angin pada ban motor anda, dan pastikan juha bahwa tekanan udara di dalam ban sesuai dengan rekomendasi yang diberikan dealer. Lakukan pengecekan angin tiap seminggu sekali untuk menjaga kondisi ban agar tetap stabil dan tidak kekurangan angin.

Ban motor yang tekanan anginnya kurang akan membuat kerja mesin motor menjadi lebih berat lagi sehingga boros bahan bakar. Idealnya, tekanan angin pada ban motor matik adalah 29 psi untuk bagian depan dan bagian belakang 33 psi.

Sekian pada artikel ini sampai jumpa dengan saya di artikel selanjutnya. Jika artikel tentang tata cara menghemat bensin motor matic ini sangat bermanfaat silahkan anda share ke sosial media anda.

Komentar

Populer Post

Mengenal Manfaat Email Profesional untuk Bisnis Masa Kini

Pengertian Sistem FAT dan NTFS Beserta Kekurangan dan Kelebihan

Fitur Baru Whatsapp Yang Rilis Tahun ini